24 Mei 2012

Tentang e-Commerce II


Untuk pengembangan sistem e-Commerce, terdapat beberapa tahapan yang
dapat dilakukan:

  1. Pengembangan website sederhana dengan tujuan untuk memperkenalkan perusahaan dan produk kepada konsumen, sekaligus meningkatkan pelayanan kepada pelanggan.
  2. Product cataloging, penyimpanan sebagian besar/seluruh produk perusahaan dalam basisdata yang terkoneksi pada internet yang memudahkan perusahaan dalam memelihara data produk yang ada dan memungkinkan pencarian produk secara interaktif tetapi belum sampai kepada pembayaran secara online.
  3. Full e-commerce dengan kemampuan product cataloging ditambah dengan kemampuan untuk menerima pembayaran secara online dan proses-proses lainnya secara online.

Di dalam sistem e-Commerce terdapat lima subsistem umum, yaitu:

a. Inventory Management System

  • Mengelola informasi mengenai produk yang dijual
  • Informasi berupa: nama dan deskripsi produk, harga, kuantitas, dan lain-lain.
  • Fitur: katalog produk, informasi rinci dari produk, pencarian produk secara cepat, pengawasan stok, dan lain-lain.
b. Profile Management System
  • Mengelola informasi mengenai pelanggan
  • Informasi dapat berupa: nama, alamat, nomor telepon, nomor kartu kredir (opsional), dan lain-lain.
  • Fitur: registrasi pelanggan, pengubahan profil pelanggan, pelacakan kata sandi, pengiriman tanggapan, promosi, dan lain-lain.
c. Ordering Management System
  • Menerima dan memroses pemesanan
  • Informasi dapat berupa: produk yang dipesan, harga pembelian, kuantitas produk, tanggal pemesanan dan pengiriman, status pemesanan, dan lain-lain.
  • Terkait erat dengan inventory dan profile
  • Fitur: shopping cart, pembayaran, histori pemesanan, dan lain-lain.
d. Shipping/Delivery Management System
  • Mengelola pengiriman produk dan status
  • Dua cara penerimaan produk: unduh langsung, jasa agen pengiriman
  • Terkait erat dengan Profile dan Ordering Management System
e. Reporting System
  • Menghasilkan laporan sesuai dengan yang diinginkan
  • Contoh: seberapa tinggi tingkat penjualan dalam suatu periode, besarnya laba yang dicapai, distribusi laba pada tiap produk, siapa pelanggan terbaik
  • Fitur khusus: membantu peramalan (forecasting), membantu pembuatan keputusan, membantu penelaahan pola perilaku pelanggan



Tidak ada komentar:

Posting Komentar